Senin, 22 Desember 2014

Kesehatan : Terlalu Fokus Melihat Gadget Berakibat Tidak Bagus Bagi Penglihatan

Kesehatan Lantikaarumingtyas.blogspot.com kembali lagi memberikan artikel tentang kesehatan. Pada kehidupan sehari-hari saat ini, sulit rasanya untuk memisahkan penggunaan gadget. Hapir sebagian besar waktu kita tesita untuk memandangi layar teknologi yang satu ini. Begitu tingginya kebutuhan akan gadget ini seolah-olah menjadi kebutuhan primer bagi penggunanya. Akibat kebiasaan itu tanpa kita sadari berakibat buruk pada mata kita.
 
Kesehatan : Terlalu Fokus Melihat Gadget Berakibat Tidak Bagus Bagi Penglihatan
Saat menggunakan gadget sering kali membuat orang terlalu fokus hingga membuatnya jarang berkedip. Hal inilah yang membuat mata menjadi kering karena berkedip berfungsi untuk memasok air pada mata. Mata yang kering akibat ketegangan saat fokus menatap layar gadget ini bisa menimbulkan rasa gatal pada mata.
Dokter spesialis mata, dr. Ikhsan Revino, SpM menuturkan, mata lelah menjadi masalah yang sering dialami oleh mereka yang menatap layar gadget terlalu lama. Gejala yang sering dirasakan biasanya meliputi mata terasa agak perih, seperti berpasir dan berair.
 
Sperti yang keterangan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), bahwa 75-90% pengaruh terlalu lama terkena cahaya yang berlebihan menyebabkan asthenopia, yakni pupil mata menjadi lambat bereaksi terhadap cahaya
Meskipun tidak sampai mengakibatkan masalah pada penglihatan, jikalau masalah mata lelah karena pemakaian gadget yang sangat lama juga mungkin berimbas tidak baik. Bukan itu saja, metabolisme air mata menjadi terganggu, tekanan pada bola mata juga menjadi kian tinggi.
 
Selain itu, tutur dr. Ikhsan, pemakaian gadget dengan jangka waktu yang lama tidak diselingi istirahat mungkin menyebabkan silindris di mana mata bakal silau andai melihat cahaya. Mata lelah bisa juga didiagnosis apabila mata terlihat tidak segar dan merah. Sering merasa pusing juga menjadi salah satu efek dari masalah mata kering. Jika Anda merasa sering mengantuk, itu adalah peringatan, sebab itu juga menjadi salah satu tanda mata Anda bermasalah.
 
Langkah yang terbaik untuk menyembuhkan mata lelah, saran dr. Ikhsan, yaitu dengan merubah gaya hidup. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi pemakaian gadget. Tak hanya dari satu perangkat saja, tapi kesemuanya mulai dari smartphone, komputer hingga televisi.
 
Dalam menggunakan gadget, idealnya membuat jarak antara mata dengan layar paling tidak 30-40 cm. Dan juga, atur kontras warna dan cahaya supaya tidak terlalu terang atau terlalu gelap karena akan buat mata semakin dekat dengan layar.
 
Seimbangkan juga perawatan kesehatan mata Anda dengan istirahat yang cukup dan makan makanan yang mengandung zat antioksidan tinggi seperti brokoli, kacang merah dan buah-buahan berri.
 
Jikalau mengubah lifestyle tak berefek banyak pada masalah mata, maka barulah mata bisa diberikan obat tetes mata. Tetapi, konsumsi obat mata pun harus sesuai dengan petunjuk dokter. Obat tetes mata di sini fungsinya seperti tonik yang bisa membuat mata menjadi lebih segar.

Source : http://lantikaarumingtyas.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar