Senin, 09 Juni 2014

Berbagai Cara Efisien Untuk Mencegah Penyakit Jantung Sedang Dicoba


Penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh paling mematikan di Indonesia. Pencegahannya sebenarnya sangat mudah, cukup dengan mengkontrol pola makan dan rutin berolahraga. Berbagai cara efisien yang dapat untuk melakukan ini sedang dicoba oleh beberapa ilmuwan, yaitu dengan pil tomat.

Pil ini tidak terbuat dari tomat, namun dari anti oksidan yang terdapat dari tomat adalah lycopene. Kemudian mengapa zat ini yang dipilih untuk bahan pembuatan pil pencegah sakit jantung? Banyak pakar yang menduga bahwa lycopene dapat mencegah sejumlah penyakit, antara lain kanker dan gangguan kardiovaskular.

Usaha membuktikannya, pembuat pil ini, tim peneliti dari Cambridge Theranostics (CTL) dari University of Cambridge merekrut 72 sukarelawan. 36 di antaranya mengidap gangguan jantung dan 36 orang lainnya sehat.

Masing-masing dari mereka diberi pil tomat atau plasebo secara acak. Bahkan peneliti pun tak tahu apa kandungan pil-pil yang diberikan ke sukarelawan hingga dua bulan kemudian, ketika studi berakhir.

Setelah itu, agar efek pil pada para sukarelawan dapat terlihat dan dibandingkan, peneliti sengaja mengukur 'aliran darah di lengan bawah' tiap sukarelawan. Hal ini karena aliran darah di bagian tubuh tersebut bisa jadi indikator risiko gangguan kardiovaskular di masa depan.

Dan ternyata pada pasien sakit jantung pun, pil tomat tersebut dapat memperlancar aliran darah di lengan bawah partisipan yang meminumnya. Hebatnya lagi, suplemen tersebut tidak berdampak terhadap tekanan darah, kekakuan arteri dan jumlah lemak dalam darah partisipan.

"Pil tomat ini sungguh menjanjikan, untuk itu disarankan diminum tiap hari. Tapi ini bukan pengganti pengobatan jantung yang sudah digunakan sebelumnya, namun memberikan manfaat tambahan bila dikonsumsi bersama obat yang semestinya," papar ketua tim peneliti, Dr Joseph Cheriyan seperti dikutip dari BBC

0 komentar:

Posting Komentar