Minggu, 15 Juni 2014

Cegah Rubella Dengan Vaksin Pra-Nikah

Cegah Rubella Dengan Vaksin Pra-Nikah
Sedikit pengetahuan bagi para calon ibu, bahwa kecacatan pada bayi sangatlah tidak diinginkan saat kelahirannya yang disebabkan kelalaian dari orang tua. Vaksin MMR (Mumps, Measles, Rubella) dapat mencegah virus Rubella yang menyerang wanita tengah hamil muda 14 minggu. Virus ini dapat menyebabkan kecacatan karena menyerang saat pembentukan janin.

Seperti dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) dari RS Cipto Mangunkusumo tuturkan bahwa ibu hamil muda terkena Rubella, maka saat lahir anak dapat mengalami kecacatan seperi mata katarak, telinga tuli, jantung bocor, dan otak mengecil. Hal tersebut menjadi problem karena si anak akan jadi beban untuk keluarga seumur hidup

Rubella
Untuk pencegahan virus rubella, wanita perlu melakukan vaksinasi pra-nikah, salah satunya MMR. Meskipun diakui dr Piprim vaksinasi pranikah belum membudaya walaupun hal tersebut sebenarnya sangat penting.

Setelah orang memutuskan untuk menikah perlu vaksinasi pranikah caranya dengan vaksinasi MMR, varicella, TT, Hepatitus B, itu harus divaksin dulu baru nikah. Nah, saat rubella menyerang anak, akan muncul gejala seperti demam ringan, kulit agak merah lalu sembuh. Jika seperti itu, si anak perlu diberi vaksin MMR dengan tujuan agar si anak kebal dan virus rubella tidak menyebar ke orang terdekatnya yang sedang hamil muda.

Dibandingkan dengan pemeriksaan TORCH (Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes simplex), dr Piprim menyarankan lebih baik wanita yang akan menikah langsung melakukan vaksinasi pranikah. Apalagi jika dihitung secara ekonomis akan lebih murah vaksinasi.

Jika di rumah vaksinasi yang didirikan dr Piprim, biaya vaksinasi MMR sekitar Rp 200 ribu. Ketika orang yang sudah terinfeksi rubella dan ingin divaksin, maka tidak akan berpengaruh apa-apa atau dengan kata lain mubazir.

Untuk proses vaksinasi 'susulan' itu ada beberapa vaksinasi yang bisa dilakukan seperti tifoid, varisella, polio, dan campak yang diganti dengan MMR. Sedangkan vaksinasi yang sudah tak bisa diberikan saat dewasa misalnya rotavirus.

0 komentar:

Posting Komentar