Jumat, 06 Juni 2014

Efektivitas Pil KB Untuk Mengobati Jerawat


Efektivitas Pil KB Untuk Mengobati Jerawat
Salah satu jenis kontrasepsi yang sering dipakai ialah jenis kontrasepsi oral atau pil KB. Pil KB selanjutnya menjadi pilihan untuk terapi untuk jerawat. Beberapa saat yang lalu eksperimen baru memperlihatkan bahwa keduanya mempunyai efektivitas yang sama walaupun mekanismenya berbeda.

Kedua jenis obat ini dalam pengujian sama-sama terbukti dapat mengobati 50% jerawat. Para ahli kulit pun dapat memberi saran kepada pasiennya mengingat obat antibiotik ketika ini banyak menjadikan efek samping.

Berbagai eksperimen sebelumnya pun telah memperlihatkan efektivitas pil KB untuk menyembuhkan jerawat. Akan tetapi saat dibandingkan, ada perbedaan mekanisme. Karenanya, antibiotik bekerja lebih bagus dalam 3 bulan pertama sedangkan pil KB lebih bagus pada 3 bulan berikutnya.

"Kontrasepsi oral butuh waktu lebih lama karena memiliki mekanisme aksi yang berbeda," kata Dr Kelly H Tyler, dokter kulit dari Ohio State University yang tidak terlibat dalam pengujian tersebut, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (6/6/2014).

Antibiotik bekerja lebih cepat karena memiliki kandungan antiradang. Kontrasepsi oral tidak memiliki kandungan serupa, sehingga bekerja lebih lambat meski pada akhirnya memberikan efektivitas yang kurang lebih sama.

Dalam percobaan yang dipublikasikan di Journal of the American Academy of Dermatology ini, antibiotik mengurangi jerawat sebanyak 48 persen dalam 3 bulan pertama sementara kontrasepsi oral hanya 37 persen. Namun setelah 6 bulan, kontrasepsi oral mengurangi jerawat sebanyak 55 persen dan antibiotik 53 persen.

0 komentar:

Posting Komentar