Minggu, 08 Juni 2014

Tanggapan Para Ahli Tentang ASI Untuk Pengganti Suplemen Binaraga


Tanggapan Para Ahli Tentang ASI Untuk Pengganti Suplemen Binaraga
Di USA sekarang ini di kalangan Binaragawan sedang ada trend baru. Para binaragawan ini saat ini hobi mengkonsumsi ASI (Air Susu Ibu) sebagai pengganti suplemen mereka. 

Sebagai alasan bahwa ASI memiliki nutrisi yang lebih lengkap. Mereka memanfaatkan para donor ASI yang produksi ASI berlebihan dengan membelinya secara online

Dr Inge Permadhi, SpGK dari RS Umum Pusat Cipto Mangunkusumo Jakarta menanggapi hal ini dan mengatakan bahwa tidak tepat andai ASI dijadikan sebagai pengganti suplemen binaragawan walau banyak kandungan nutrisinya.

Mitos para binaragawan dengan mengkonsumsi ASI mereka akan mendapatkan manfaat yang sama seperti kala bayi mengkonsumsi ASI. Di forum binaraga bodybuilding.com, salah satu dari binaragawan mengatakan bahwa ia berhasil memperoleh kenaikan massa otot karena manfaat dari mengkonsumsi ASI.

Hal tersebut dibantah oleh dr Michael Triangto, SpKO, spesialis kedokteran olahraga di Persatuan Badminton Seluruh Indonesia (PBSI) saat dihubungi via telepon. Menurutnya kandungan gizi yang ada pada ASI tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan binaragawan.

Dr. Mihael mengatakan bahwa ini hanyalah mitos dan keyakinan yang salah. Tidak ada bayi yang ototnya besar karena meminum ASI. Ia yakin bahwa ASI itu penuh dengan gizi namun tidak untuk membuat seorang binaragawan menaikan masssa otot

Hal serupa juga dikonfirmasi oleh dr Inge. Bayi memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi karena hormon pertumbuhan yang mereka miliki di dalam tubuhnya, bukan akibat kandungan nutrisi pada ASI.

0 komentar:

Posting Komentar