Selasa, 17 Juni 2014

Tips Redakan Rasa Sakit Saat Datang Bulan

Tips Redakan Rasa Sakit Saat Datang Bulan
Nyeri saat menstruasi tidak selalu berbahaya. Jika dalam pemeriksaan, tidak ditemukan faktor penyebab yang membahayakan maka pengobatannya dapat hanya dengan menggunakan penghilang rasa sakit atau obat sakit perut biasa. Akan tetapi jika dalam pemeriksaan ditemukan beberapa faktor mendasar seperti endomestriosis, kista, abnormalitas saluran genital, dan mioma, maka penanganannya berdasarkan faktor yang mendasarinya tersebut, seperti obat-obatan atau bahkan operasi.

Sebelum mengkonsumsi obat sakit perut, ada satu hal penting yang perlu diperhatikan ketika menstruasi yaitu kita harus berkonsultasi ke dokter perihal obat yang akan diminum, karena obat anti nyeri kadang mempunyai beberapa efek samping seperti nyeri di ulu hati, rasa mual, rasa kembung, bahkan hingga dapat menimbulkan tukak lambung.


Ada beberapa tips yang dapat kita ikuti untuk meredakan rasa nyeri ketika menstruasi. Dan bahkan kita dapat meredakan rasa nyeri tersebut secara alami tanpa menggunakan obat sakit perut. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan beberapa aktivitas olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, dan renang.

Tips lain untuk meredakan rasa nyeri saat datang bulan, dianjurkan untuk menghindari minuman berkafein kafein, alkohol, gula, dan sodaketika menstruasi. Selain itu, upayakan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium, kalsium, dan zinc. Manfaat tips ini, disamping anda dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul ketika datang bulan, olahraga rutin dan makan makanan sehat juga dapat menjadi salah satu tips mendapatkan kecantikan alami.

Makanan bersuhu dingin seperti es krim juga perlu kita hindari. Melakukan olahraga berat ketika menstruasi atau datang bulan sangat tidak dianjurkan. Jadi, kita cukup melakukan beberapa olahraga ringan saja. Mengkonsumsi minyak ikan atau vitamin E dan vitamin B6 akan sangat membantu anda mengurangi keluhan nyeri haid. Dengan kata lain, mengkonsumsi makanan rendah lemak lebih dianjurkan daripada meminum obat sakit perut ketika datang bulan.

Jika rasa sakit pada perut sudah tak tertahankan, anda dapat meredakannya dengan menggunakan kompres hangat di daerah perut yang kram. Hal ini dapat dilakukan untuk melancarkan peredaran darah serta merilekskan otot yang kram atau nyeri.

Hal lain yang dapat kita lakukan untuk meredakan nyeri ketika datang bulan tanpa mengkonsumsi obat sakit perut, antara lain: mengompres perut dengan botol hangat tepat pada bagian yang terasa nyeri atau kram, mandi dengan menggunakan air hangat, menghindari minuman dingin, minum minuman hangat utamanya minuman yang mengandung kalsium tinggi, tarik napas secara perlahan dalam-dalam untuk relaksasi, serta kita dapat mengambil posisi menungging (posisi rahim menggantung di bawah) untuk membantu relaksasi.

Demikian beberapa tips untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit yang muncul ketika datang bulan. Kecuali rasa nyeri tersebut sudah tak tertahankan lagi, maka disarankan ke dokter untuk memeriksakan diri dan mendapatkan pengobatan untuk meghilangkan rasa nyeri tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar