Senin, 16 Juni 2014

Terlambat Datang Bulan Tidak Selalu Hamil, Bagai Mana Cara Mengatasinya?

Salah satu ciri atau tanda kehamilan paling umum terjadi adalah terlambat datang bulan. Namun adanya gangguan hormon atau sedang sakit juga dapat menjadi penyebab dari terlambatnya tamu bulanan pada wanita. Ada banyak faktor yang menyebabkan wanita terlambat datang bulan, dan di artikel blog lantika96 kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi telat datang bulan secara alami.


Kebanyakan wanita mengalami daur haid adalah 28 hari, namun normalnya wanita memiliki daur haid selama 22 sampai 35 hari. Terlambat datang bulan satu atau dua hari masih dikategorikan normal dan biasa terjadi, tetapi apabila datang bulan telat sampai seminggu, sebulan atau lebih dari biasanya, maka itu berarti ada yang tidak beres. Kemungkinannya adalah sedang hamil atau mengalami haid terganggu.

Obat Alami Mengatasi Telat Datang Bulan

Beberapa wanita yang positif hamil setelah berhubungan seks juga banyak yang mencari-cari cara menggugurkan kandungannya, tentu saja hal tersebut adalah langkah yang tidak bijaksana dan juga bisa membahayakan jiwa, sebab upaya-upaya seperti itu hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis, itupun dengan beberapa kondisi tertentu.

Haid yang terganggu dapat juga disebabkan karena gaya hidup dan pola makan yang tidak teratur. Obat alami di bawah ini adalah untuk mengatasi telat datang bulan akibat haid terganggu yang berasal dari tumbuh-tumbuhan di sekitar kita dan membangun kebiasaan-kebiasaan sehat. Obat tradisional berikut ini dapat memperlancar haid dalam waktu singkat:

1. Ramuan dari buah pepaya

Untuk memperlancar datang bulan, daun pepaya yang rasanya pahit ternyata bermanfaat untuk memperlancar haid. 

Cuci sampai bersih beberapa helai daun pepaya yang muda dan segar. Rebus dengan air dengan perbandingan dua helai daun pepaya untuk setiap satu gelas air. Kemudian, setelah mendidih tambahkan dengan asam dan garam, kemudian ambil airnya dan minum ramuan tersebut hangat-hangat.

2. Mengatasi telat datang bulan dengan jeruk nipis

Buah yang paling sering digunakan di dapur dan dicampur ke aneka macam makanan adalah Jeruk nipis. Kandungan dalam jeruk nipis yaitu fosfor, asam askorbat, mineral, zinc, kalsium, kalori, lemak, protein dan banyak lagi zat mineral lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Menurut Dr. Setiawan Dalimartha salah satu kegunaan jeruk nipis ialah memperlancar haid wanita. Cara pengolahannya, siapkan perasan jeruk nipis sebanyak tiga sendok makan, campur dengan satu sendok madu dan dua gelas air hangat. Aduk campuran tersebut sampai rata dan minum hangat-hangat. Minumlah ramuan tersebut sebanyak tiga kali setiap hari.

3. Pil Tuntas

Pil ini diproduksi oleh PT. Deltomed Laboratories yang berfungsi mengatasi keluhan wanita yang sering telat datang bulan. Pil ini berkhasiat memperlancar haid yang tidak normal, mengatasi nyeri di perut dan mulas saat sedang haid. Pil tuntas dibuat dari bahan-bahan alami yang diekstrak menjadi pil.

Sebagai sebuah produk modern, jamu pil tuntas dipercaya banyak wanita yang mengalami gangguan haid. Pil ini sebaiknya diminum sebanyak 4 kali sehari selama 3 hari sebelum mens datang. Pil tuntas bias dibeli di apotik atau toko obat dan pil ini sama sekali bukan untuk wanita hamil.

4. Yoga dan olahraga teratur

Latihan yoga mempunyai banyak gerakan unik yang sangat baik bagi kesehatan. Kelebihan Yoga yang lain yaitu memperlancar haid wanita, menurut anggapan banyak ahli. Jika anda sering mengalami datang bulan terlambat, cobalah mengunjungi tempat-tempat aerobik yang memiliki program Yoga untuk melatih tubuh anda.

5. Istirahat teratur

Kesibukan sering menyebabkan stres dan ketegangan. Dampaknya berpengaruh terhadap produksi hormon-hormon dalam tubuh yang pada akhirnya menyebabkan haid telat datang. Pastikan anda memiliki jam tidur yang cukup agar tubuh dapat beristirahat dan mengembalikan kebugarannya.

Demikian 5 cara alami mengatasi terlambat datang bulan akibat munculnya gangguan dalam siklus haid. Hindarilah menggunakan obat-obat aborsi yang berbahaya bagi tubuh untuk menggugurkan kandungan, sebab terlambat datang bulan tidak selalu berarti hamil.

1 komentar: